Selamat Datang Di Website Resmi Pekon Purwodadi Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus Alamat : Jln. Djamal Pekon Purwodadi Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus, Lampung POS 35378

Artikel

Profil Desa

29 Juli 2013 17:46:44  Admin  327 Kali Dibaca 

PROFIL PEKON PURWODADI

SEJARAH PURWODADI

  1. Sejarah Singkat

Pekon Purwodadi Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus dahulu merupakan hutan belukar yang dibuka oleh pendatang dari Jawa Tengah dan Jawa Timur (Madura) pada tahun 1927.  Para pendatang yang berjumlah  ±  40 KK, dipimpin oleh 4 orang kepala tebang yang masing-masing membawahi 10 orang anak buah. Keempat orang kepala tebang tersebut adalah  :

  1. Bapak Djamal
  2. Bapak Rebo
  3. Bapak Supardi
  4. Bapak Sumarta

Selanjutnya mereka berempat sepakat untuk membentuk suatu perkampungan yang disetujui oleh kepala adat Lampung saat itu.

Berdasarkan penuturan dari almarhum Bapak Sumarta kepada anaknya yang bernama Suwarqo, BA, yang kemudian dituturkan kembali oleh anak bungsu Bapak Sumarta yang bernama Ir. Ahmad Yani : “Bahwa penetapan perkampungan Purwodadi menjadi sebuah desa / Pekon terjadi pada tanggal 27 Desember 1927.

Pemberian nama Purwodadi adalah atas usulan dari Bapak Supardi pada rapat 4 tokoh kepala tebang pada tanggal 26 Desember 1927 di rumah Bapak Djamal. Purwodadi berasal dari bahas jawa, yang secara harfiah “Purwo” berarti Alas/Hutan dan “Dadi” berarti Jadi. Maknanya adalah bahwa hutan belukar yang mereka tebang, pada tahun 1927 secara resmi telah menjadi desa. Purwo hurufnya berjumlah 5 dan Dadi hurufnya berjumlah 4. Sehingga kata Purwodadi berjumlah 9 huruf yang merupakan angka tertinggi, yang secara filosofi maksudnya adalah “ Sing sopo manut kalian peraturan wong tuo, asal ora males, opo sing dikarepke Insya Allah dadi”.

Sejak berdirinya pada tahun 1927 sampai dengan sekarang, Pekon Purwodadi sudah bebera kali mengalami pergantian kepemimpinan, yaitu  :

  1. Tahun 1927 – 1932 dipimpin oleh Bapak Djamal
  2. Tahun 1932 – 1939 dipimpin oleh Bapak Rebo
  3. Tahun 1939 – 1959 dipimpin oleh Bapak Sumarta
  4. Tahun 1959 – 1988 dipimpin oleh Bapak Suwarqo, BA
  5. Tahun 1988 – 1998 dipimpin oleh Bapak A. Bukhari
  6. Tahun 1998 – 2006 dipimpin oleh Bapak Yulianto Fajarudin
  7. Tahun 2006 – 2019 dipimpin oleh Bapak Supardi. S, BA
  8. Tahun 2021 - Sekarang  dipimpin oleh Bapak Mualpi

 

  1. Keadaan Geografis

Pekon Purwodadi adalah salah satu Pekon yang ada di Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus dan merupakan bertofografi lereng gunung, yang dari Ibukota Kecamatan berjarak ± 500 meter, dari Ibukota Kabupaten berjarak 10 Km dan dari Ibukota Propinsi berjarak 75 Km. Adapun Pekon Purwodadi berbatasan dengan :

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Pekon Kutadalom
  2. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Pugung
  3. Sebelah Timur berbatasan dengan Pekon Kutadalom
  4. Sebelah Barat berbatasan dengan Pekon Gisting Bawah

Jumlah penduduk Pekon Purwodadi per Mei 2020  adalah 6.042 Jiwa,  terdiri dari :

  1. Jumlah Kepala Keluarga : 1.660 KK
  2. Jumlah Penduduk Laki-laki : 2.089 Jiwa
  3. Jumlah Penduduk Perempuan : 3.953 Jiwa

 

  1. Bidang Pemerintahan

Di bidang Pemerintahan, Pekon Purwodadi Kecamatan Gisting telah berjalan dengan baik, hal ini ditandai hal-hal sebagai berikut dengan :

  1. Hari kerja di Pekon Purwodadi menggunakan 5 hari kerja dalam satu minggu, yaitu dari hari Senin – Jum’at, mulai dari jam 08.00 wib s/d 15.30
  2. Kantor Pekon selalu buka pada hari kerja, dan  dilakukan penjadwalan piket bagi Kepala Dusun, RT.  Sedangkan untuk Kepala Pekon, Sekretaris Pekon dan Kepala Urusan, Kepala Seksi harus masuk setiap hari kerja, sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin baik dan mudah.
  3. Setiap bulan dilaksanakan Rapat Koordinasi Aparat Pekon untuk mengevaluasi program kerja yang sudah dilaksanakan dan membuat rencana untuk kerja selanjutnya. Dan untuk membahas permasalah-permasalah yang ada di Pekon.
  4. Setiap bulan Kepala Pekon melakukan koordinasi dengan BHP dan LMP.
  5. Setiap dua bulan sekali diadakan pengajian Paguyuban Aparat Pekon, dan dikoordinir oleh pengurus Paguyuban yang telah ditunjuk oleh anggota. Adapun anggotany terdiri dari Aparat Pekon, Anggota BHP, LPM dan Karang Taruna. Paguyuban ini dijadikan sebagai ajang silaturahmi bagi Aparat Pekon dengan Lembaga Kemasayarakatan yang ada di Pekon Purwodadi, sehingga akan terjalin hubungan yang baik di antara 2 lembaga tersebut.

Kelembagaan Pekon yang ada di Pekon Purwodadi telah lengkap, hal sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Di bidang Administrasi Pekon sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat pada pengolahan administrasi yang ada di Pekon Purwodadi, ( Arsip Administrasi Pekon )

 

  1. Bidang Ekonomi dan Pembangunan

Bidang ekonomi dan pembangunan merupakan sector prioritas bagi Pekon Purwodadi, karena dengan peningkatan pembangunan pada dua bidang ini, secara langsung ataupun tidak, akan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Pekon Purwodadi. Meskipun disadari masih terdapat Angkatan Kerja yang menganggur dan setengah menganggur. Adapun kegiatan dibidang ekonomi yang ada di Pekon Purwodadi adalah :

  1. Home Industri, yaitu  : Pembuatan Tempe, tahu, roti, kue, dll.

Di Pekon Purwodadi terdapat banyak industri rumah tangga seperti pembuatan Tahu-Tempe, dan tergabung dalam wadah Paguyuban Pedagang Tahu – Tempe. Semua home industri yang lain dibawah binaan Kaur Kesra. Hasil dari industri tersebut di pasarkan di wilayah Kabupaten Tanggamus.

  1. Perbengkelan, yaitu     : Bengkel motor, dan mobil

Di Pekon Purwodadi terdapat 3 bengkel mobil dengan jumlah tenaga kerja 8 orang/bengkel, dan 5 bengkel motor dengan tenaga kerja 4 orang/bengkel.

  1. Konveksi, yaitu : Penjahit, Percetakan/Sablon/Bordil

Terdapat ± 12 Penjahit dan 3 Percetakan/sablon, yang memilik karyawan sebanyak 24 orang.

  1. Perdagangan, yaitu : Meliputi semua sector perdagangan

Pasar Gisting yang pada tahun 2006 dibangun oleh Pemda Kabupaten Tanggamus, dan di tahun 2016 ini kembali di bangun oleh Pemda Kabupaten Tanggamus terletak di wilayah Pekon Purwodadi, sehingga hampir 40�ri penduduk Pekon berprofesi sebagai pedagang.

 

  1. Bidang Pertanian dan Perkebunan
  1. Pekon Purwodadi secara tofografi merupakan daerah lereng gunung atau perbukitan, sehingga banyak penduduknya yang berprofesi sebagai Petani, baik persawahan, perkebunan, perikanan maupun petenakan. Hasil perkebunan yang paling menjadi andalan bagi masyarakat Pekon Purwodadi adalah Kopi, Kakau, dan lada.

 

  1. Dalam Bidang Tanaman Pangan, Pekon Purwodadi mengandalkan produksi Padi. Ada 3 Kelompok tani persawahan di Pekon Purwodadi yang mengelola tanah persawahan. Untuk diketahui, bahwa luas lahan pertanian di Pekon Purwodadi mencapai ± 40 ha, dan didukung oleh sarana irigasi yang memadai. Selain produksi Padi, petani di Pekon Purwodadi juga menanam tanaman yang lain, seperti sayur masyur, cabe, tomat dan produksi pertanian lainnya. Sebagian besar hasil pertanian di Pekon Purwodadi di pasarkan ke Bandar Lampung melalui penjual sayuran yang ada di Kecamatan Gisting.

 

  1. Di Bidang Perikanan, sebagian warga Pekon Purwodadi ada yang mempunyai kolam ikan (balongan). Sementara ikan yang dibudidayakan adalah ikan air tawar seperti : Ikan Mas, Mujair, Lele dan sebagian kecil ikan nila. Ada 3 kelompok pertanian ikan air tawar di Pekon Purwodadi.

 

  1. Di Bidang Peternakan, ada sebagian kecil warga yang berusaha di bidang peternakan, seperti ternak ayam, kambing dan sapi. Walaupun hanya sebagian kecil masyarakat yang bermata pencaharian sebagai peternak, tapi bidang ini sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian warga, terutama pada saat menjelang hari raya idul fitri, idul adha, dan pada saat musim hajatan.

 

 

  1. Bidang Pendidikan

Pemerintaha Pekon Purwodadi sangat konsen dengan bidang Pendidikan, karena sektor ini sangat menentukan kwalitas SDM masyarakat dan pembangunan di Pekon Purwodadi. Karena Sumber Daya Alam (SDA) yang banyak, akan kurang berarti apabila tidak dikelola oleh orang yang mempunyai kwalitas SDM yang baik. Dengan meningkatnya kwalitas Sumber Daya Manudis (SDM), diharapkan Sumber Daya Alam (SDA) yang sudah ada, akan dapat dikelola dengan baik dan professional, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pekon, yang pada akhirnya akan mempengaruhi pada kwalitas hidup masyarakat dan pembangunan di Pekon Purwodadi.

Untuk diketahui di Pekon Purwodadi terdapat 7 Lembaga Pendidikan Umum dari PAUD sampai SMP, 2 Pondok Pesantren dan 15 TPA.

Dan saat ini Kepala Pekon Purwodadi sedang berusaha untuk berdirinya sekolah tingkat atas ( SMA N ) di Pekon Purwodadi.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Pekon

Aparatur Pekon

Back Next

Sinergi Program

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Pekon


Kantor Desa
Alamat : Jl. Djamal dusun 1B pekon Purwodadi kec. Gisting kab. Tanggamus
Pekon : Purwodadi
Kecamatan : Gisting
Kabupaten : Tanggamus
Kodepos : 35378
Telepon : 081271843369
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:27
    Kemarin:105
    Total Pengunjung:19.744
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.175.191.36
    Browser:Tidak ditemukan